Berita

Wisuda Tahfidzul Quran dan Lomba Pop Religi Semarakkan Peringatan Isra' Mi'raj 1444 H di MTsN 4 Tulungagung

Selasa, 7 Maret 2023 15:25 WIB
  • Share this on:

MTsN 4 Tulungagung - Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab tiap tahun biasanya diperingati oleh sebagian besar umat Islam. Demikian juga dengan MTs Negeri 4 Tulungagung yang turut memperingatinya pada Sabtu (4/3). Bertempat di halaman madrasah, acara dibuka dengan prosesi Wisuda Tahfidzul Quran sebanyak 104 siswa yang berasal dari kelas 7, 8, dan 9. Masing-masing dari mereka diwisuda setelah dinyatakan lulus dalam ujian hafalan al-quran paling sedikit 2 juz dan paling banyak 4 juz. Dalam prosesi wisuda tersebut, para wisudawan menyenandungkan asmaul husna bersama-sama dan diberi tantangan sambung ayat oleh para pengajar program Tahfidz madrasah. Wisudawan yang berhasil menjawab tantangan dengan baik diberi hadiah oleh pengajar dan panitia.

Setelah prosesi wisuda selesai, dilanjutkan dengan sambutan oleh H. Slamet Riyadi selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, beliau memberikan motivasi kepada para wisudawan untuk istiqomah dalam melanjutkan hafalannya hingga khatam 30 juz.

Selanjutnya, penyampaian Tausiyah oleh Ustadz Tamzir dari Trenggalek. Meskipun sempat diguyur hujan di tengah acara, namun hal itu tak menyurutkan semangat para siswa dan Bapak-Ibu Guru/Karyawan untuk mengikuti rangkaian acara hingga akhir. Di akhir tausiyah, panitia memberikan tantangan kuis berupa pertanyaan seputar isi tausiyah. Para siswa yang berhasil menjawab dengan cepat dan tepat diberi door prize oleh panitia. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Pop Religi. Lomba tersebut telah berlangsung beberapa hari yang lalu dan sengaja digelar dalam rangka menyemarakkan peringatan Isra' Mi'raj tahun ini. Adapun para pesertanya terdiri atas siswa-siswi kelas 8. Sebelum bubar, para siswa bersama Bapak-Ibu Guru dan Karyawan Makan Bersama di halaman madrasah dengan menyantap makanan berbungkus daun yang telah disiapkan dari rumah. (lul)

Editor:
HANIK MASROKHANAH
Kontributor:
LULUK SHOIMAH
Penulis:
Luluk Shoimah, S.Hum.
Fotografer:
Tim IT MTsN 4 Tulungagung

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Upacara Bendera dalam rangka HUT RI 79, ASN Kankemenag dan KUA se Kab. Tulungagung. 05/05/24
  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -