Berita

Penyuluh Agama Islam Kabupaten Tulungagung Rutin Berikan Pembinaan Keagamaan di Lapas Kelas IIB Tulungagung

Kamis, 4 Juli 2024 15:09 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Humas) --- Sebagai tindak lanjut dari Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MOU) antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tulungagung dan Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung pada tanggal 19 April 2024, maka setiap hari selasa dan rabu penyuluh agama Islam Kabupaten Tulungagung rutin melakukan pembinaan dan penyuluhan bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kabupaten Tulungagung, (03-04 Juli 2024).

Kegiatan dilaksanakan pada dua tempat yang berbeda yaitu di Lapas Wanita  Blok B  di Masjid Al Muhajirin Lapas IIB  Kabupaten Tulungagung untuk seluruh warga binaan beragama Islam .

Pada kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Muhajirin Lapas IIB Kabupaten Tulungagung, Suyitno, penyuluh agama Islam Kemenag Tulungagung Menyampaikan Tema  Nasehat Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad. Nasihat tersebut termaktub dalam riwayat al-Hakim, no. 7921 dan ath-Thabrani, no. 4278 dengan sedikit perbedaan redaksi, yang berbunyi,

يَا مُحَمَّدُ، عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مُفَارِقُهُ، وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْمُؤْمِنِ قِيَامُ اللَّيْلِ، وَعِزَّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ.

Artinya “Wahai Muhammad (1) Hiduplah sesukamu, tapi ingat engkau akan mati;(2) berbuatlah sesukamu, tapi ingat engkau akan diberi balasan karenanya;(3) cintailah siapa pun yang engkau suka, tapi ingat engkau akan berpisah dengannya;(4) ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya ia pada malam hari (melaksanakan shalat malam),(5) dan kehormatannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia.”

Hadits ini berisi wasiat penting yang disampaikan oleh makhluk paling mulia di langit yang ditujukan untuk manusia terbaik di muka bumi, Nabi Muhammad . Berisi prinsip- prinsip hidup yang  bermanfaat untuk menjadi bahan renungan dan muhasabah bagi kita semua sebagai penguatan keimanan warga binaan supaya perilaku warga binaan kearah yang positif pungkas Suyitno dihadapan warga binaan. (Suy)

Editor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Kontributor:
HANIK MASROKHANAH, S.Pd.I.
Penulis:
HumasKankemenagTulungagung
Fotografer:
Istimewa

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Upacara Bendera dalam rangka HUT RI 79, ASN Kankemenag dan KUA se Kab. Tulungagung. 05/05/24
  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -