Berita

Penyuluh Agama Islam Award 2023 di buka Kepala Kemenag Kab Tulungagung

Senin, 12 Juni 2023 16:45 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Humas), Bertempat di gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Tulungagung dilaksanakan kegiatan Penyuluh Agama Islam  Award 2023 pada Jumát 9/06. Hadir dalam kegiatan ini Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Honorer  serta Kepala Kantor Urusan Agama Islam se Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung Moh Nasim, beliau menyampaikan Bahwa Penyuluh Agama Islam (PAI) merupakan perangkat negara yang bertugas melakukan serta mengembangkan kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama dan pembangunan nasional melalui bidang agama ,Penyuluh Agama Islam merupakan garda terdepan Kementerian Agama yang bersentuahn langsung dengan berbagai elemen masyarakat hingga grassroot terbawah. Dalam melaksanakan bimbingan dan Penyuluhan Penyuluh Agama Islam menjalankan empat fungsinya yaitu: Informatif-Edukatif,Konsultatif,Advokatif dan Administratif. Penyuluh Agama Islam tidak hanya cakap dan piawai dalam menyampaikan dakwah secara verbal (dakwah bi al-lisan) tapi juga memiliki kemampuan dan kedalaman ilmuan,pengetahuan sosial budayahingga ketrampilan tertentu tertentu yang dapat menjadi komunikasi alternatif dalam aksi nyata ( dakwah bi al-hal).Moh Nasim juga berharap yang dilombakan ini ada karya tulisnya,ada vidio kepenyuluhan dan laporan pada masing – masing penyuluh. Apabila muncul faham – faham Radikalisme maka penyuluh harus cepat,tanggap memberikan informasi dan edukasi. Moh Nasim juga berharap dalam sebuah penilaian harus objektif mengacu pada juknis.Cara dakwah juga harus berubah dakwah secara digital  sesuai tujuh program  prioritas Menteri Agama salah satunya transformasi Digital. Banyak jalan menuju Roma untuk berkreasi dan ber inovasi ucap Moh Nasim.

Kasi Bimas Islam Ahmad Balya selaku ketua Pelaksanaan kegiatan menyampaikan maksud kegiatan ini adalah terpilihnya penyuluh teladan di tingkat Kabupaten untuk mengikuti pemilihan PAI Award tingkat Provinsi. Tujuan untuk mendorong peningkatan kapasitas dan tanggung jawab penyuluh dalam proses pendampingan masyarakat , meningkatkan kreatifitas penyuluh dan inovasi ,menguatkan peran dan fungsi penyuluh ditengsh keberagaman masyarakat dan budaya bangsa. Seleksi Kegiatan ini dengan Kategori Penghargaan yaitu Peningkatan Literasi Al –Qur’an.Pendampingan kelompok Rentan,Kesehatan Masyarakat,Pemberdayaan Ekonomi Umat,Penekkan Hukum,Pelestarian Lingkungan dan Metode Penyuluhan Baru . Ahmad Balya juga menyampaikan tema kegiatan ini Penyuluh Agama Islam Berkarya Indonesia Jaya (Han)

Editor:
HANIK MASROKHANAH

Gallery

  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24