Berita

Peluncuran Madrasah Digital Terpadu oleh Direktur KSKK Kemenag RI

Senin, 8 Mei 2023 05:56 WIB
  • Share this on:

MTsN 1 Tulungagung - Dalam rangka mewujudkan madrasah yang berkemajuan sesuai dengan perkembangan zaman, MTsN 1 bersama MAN 1 Tulungagung melaksanakan peluncuran Madrasah Digital (6/5/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Direktur KSKK Kemenag RI, Kasubdit KSKK Kemenag RI, Kabid Pendma Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, siswa kelas 7 dan walinya. Launching Madrasah Digital ini disertai dengan pembekalan yang disampaikan oleh Kasubdit KSKK Kemenag RI, Dr. H. Suwardi, M.Pd.

MTsN 1 Tulungagug merupakan madrasah tsanawiyah pertama di Tulungagung yang siap merealisasikan program Madrasah Digital. Pelaksanaan program ini sebagai wujud adaptasi terhadap perkembangan era 4.0 menuju era 5.0. Kecanggihan sistem digital digunakan di madrasah mulai dari proses presensi, pembelajaran, asesmen, dan layanan-layanan lainnya. Demikian Dr. H. Bambang Widarsono, M.KPd. menyebut Madrasah Terpadu ini sebagai the Real Madrasah Digital.

“Kunci keberhasilan transformasi digital di madrasah ini adalah kualitas SDM, sarana prasarana, dukungan stakeholder, dan komitmen bersama,” ungkap Dr. H. Suwardi, M.Pd. saat menyampaikan pembekalan kepada guru dan wali murid. Beliau juga menyampaikan seputar arah tujuan dan tata cara umum pelaksanaan Madrasah Digital.

Madrasah Digital merupakan salah satu upaya Transformasi Layanan Digital di lingkup Kementerian Agama. "MTsN 1 dan MAN 1 Tulungagung merupakan embrio Madrasah Digital. Diharapkan madrasah lainnya dapat segera mengikutinya," ujar Kepala Kantor Kemenag Tulungagung dalam sambutannya.

Direktur KSKK Kemenag RI, Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag., turut menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Launching Madrasah Digital di Kampus Terpadu, MTsN 1 dan MAN 1 Tulungagung, secara daring. Beliau berpesan, “Terus kejar prestasi, tapi jangan lupa akhlaqnya.” Sesuai dengan pesan tersebut, Dr. H. Santoso, S.Ag., M.Pd. menyampaikan bahwa realisasi Madrasah Digital ini tidak terlepas dari tujuan menyiapkan generasi yang solih dan sholihah, mendukung anak menguasai IPTEK, sekaligus menyiapkan anak menjadi orang yang baik, bijaksana, sekaligus bermanfaat bagi sesama. (red/nzl)

Editor:
HANIK MASROKHANAH
Kontributor:
MARDIANAH
Penulis:
MTsN 1 Tulungagung
Fotografer:
MTsN 1 Tulungagung

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Upacara Bendera dalam rangka HUT RI 79, ASN Kankemenag dan KUA se Kab. Tulungagung. 05/05/24
  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -