Berita

MAN 1 Tulungagung Ditunjuk Kemenag Tulungagung sebagai Penyelenggara Pembinaan "Penguatan Kusemai Nilai" oleh DWP Kanwil Jawa Timur

Kamis, 31 Agustus 2023 08:13 WIB
  • Share this on:

MAN 1 Tulungagung mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama Kab. Tulungagagung sebagai tuan rumah kegiatan Pembinaan Penguatan Kusemai Nilai Dharma Wanita Persatuan oleh DWP Kanwil Jawa Timur. (Rabu, 30 Agustus 2023). Hadir memberikan pembinaan, Ny. Hj. Dr. Zulfatul Mufidah, M.PdI., Ketua DWP Kemenag Kanwil Provinsi Jawa Timur didampingi Ny.Hj. Suilah Moh. Nasim, S.Ag., M.Pd., selaku Ketua DWP Kemenag Kabupaten Tulungagung. Pembinaan bertempat di Aula Student Center MAN 1 Tulungagung.

Kedatangan Ny. Zulfatul disambut oleh pengurus DWP Tulungagung dengan diiringi beberapa penari Gambyong sebagai cucok lampah. Setelah menerima rangkaian bunga selamat datang, Ny. Zulfatul menyaksikan tarian Gambyong yang merupakan persembahan dari siswa MTsN 1 Tulungagung. Selanjutnya, kegiatan pembinaan yang berpusat di Aula Student Center dibuka dengan Tarian Saman dari siswa MAN 1 Tulungagung. Ny. Zulfatul mengapresiasi kedua tarian yang telah dipersembahkan oleh para siswa dari kedua madrasah.

Dalam pembinaan kali ini, Ny. Zulfatul menyinggung latar belakang munculnya gerakan "Kusemai Nilai" yakni dengan maraknya peristiwa penyalahgunaan wewenang, perceraian, nikah siri, dan perselingkuhan di kalangan ASN. Beberapa peristiwa tersebut tentunya sangat berpotensi mencoreng nama baik instansi jika terjadi Kementerian Agama. Inilah yang melatarbelakangi Inspektorat Jenderal Kemenag RI mencanangkan program Kusemai Nilai. Program ini merupakan hasil kolaborasi dari tiga pilar nilai. Pilar pertama, nilai-nilai yang ditetapkan dalam SE MENPANRB NO.20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN. Nilai yang disemaikan dikenal sebagai BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Humanis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.  

Pilar kedua, Gerakan Aku Perempuan Antikorupsi menyemaikan nilai yang dikenal dengan singkatan JUMAT BERSEPEDA KK (Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil, dan Kerja Keras). Pilar ketiga, PMA No. 12 Tahun 2019 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai ASN Kemenag yang menyemaikan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, integritas, profesionalitas, tanggung jawab, dan keteladanan. 

Gerakan "Kusemai Nilai" diamanahkan kepada Dharma Wanita sebagai penerapan dari tiga fungsinya, yakni sosial, pendidikan, dan budaya. Melalui kiprah Dharma Wanita inilah nantinya "Kusemai Nilai" akan disemaikan di antaranya kepada peserta didik madrasah bertajuk permainan Maju Junior. Dharma Wanita Kemenag Tulungagung  siap berperan aktif dalam "Kusemai Nilai." (iz)

KLIK DI SINI !! Untuk video kegiatan "Pembinaan Penguatan 'Kusemai Nilai'" oleh Ny. Hj. Dr. Zulfatul Mufidah, M.PdI.

Kontributor:
SRINATUN
Penulis:
Redaksi MAN 1 Tulungagung
Fotografer:
Tim Publikasi MAN 1 Tulungagung

Gallery

  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24
  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24