Berita

KOLABORASI UIN, MAN, MTsN (SATU TULUNGAGUNG) WUJUDKAN MADRASAH TERPADU THE REAL DIGITAL

Senin, 8 Mei 2023 15:59 WIB
  • Share this on:

 

MTsN 1 Tulungagung - Rapat Koordinasi Madrasah Terpadu pada Senin (8/5/2023) merupakan wujud kolaborasi dalam rangka mewujudkan program Madrasah Digital. Rakor internal yang dihadiri oleh Kasubdit KSKK Kemenag RI ini menjadi tindak lanjut pelaksanaan Launching Madrasah Digital yang dilaksanakan pada Sabtu (6/5/2023) lalu. Madrasah Terpadu, MTsN 1 dan MAN 1 Tulungagung, turut menggandeng UIN Sayyid Rahmatullah Tulungagung dalam menyukseskan transformasi digital yang dilakukan. Mengingat UIN SATU merupakan satu-satunya Universitas Negeri di Tulungagung yang menerapkan sistem digital secara menyeluruh dalam pelayanan dan secara historis, pendiri MAN 1 dan UIN 1 Tulungagung merupakan tokoh ulama yang sama, yaitu KH. Arief Mustaqiem.

“Bukan hanya The Real Madrasah Digital, rapat koordinasi ini lintas jenjang ini membuktikan bahwa Madrasah Terpadu di Tulungagung ini The Real Kolabarasi (Collaboration),” tegas sambutan Dr. H. Suwardi, M.Pd. yang disampaikan secara virtual.

Istimewa, rakor internal ini dihadiri langsung oleh Kasubdit KSKK Kementerian Agama RI, Dr. H. Suwardi, M.Pd.; Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulungagung, Dr. Moh. Nasim, M.Pd.; Direktur Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah sekaligus Ketua Komite MAN 1 Tulungagung, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag.; Komite MAN 1 Tulungagung sekaligus Ketua Tim Madrasah Digital Terpadu, Prof. Dr. Achmad Patoni, M.Ag.; dan Kepala Madrasah, Dr. H. Bambang Widarsono, M.KPd.

 “Program Digitalisasi merupakan tuntutan Internasional sehingga harus segera dimulai dari sekarang,” ungkap Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Prof. Dr. Achmad Patoni, M.Ag. menambahkan bahwa digitalisasi di madrasah ini dapat disiapkan, mulai perangkat pembelajaran sampai layanan sistem administrasinya. “Digitalisasi ini bukan hanya sekadar untuk memenuhi tantangan zaman, melainkan untuk memperkuat dan mempercepat proses dalam rangka transfer of knowledge,” jelas Prof. Dr. Achmad Patoni, M.Ag.

Madrasah Digital merupakan program yang menjadi tonggak sejarah terbentuknya Madrasah Terpadu di Tulungagung. Kasubdit KSKK Kemenag RI berharap nantinya Madrasah Terpadu ini dapat memperluas jaringan kolaborasi bersama jenjang Madrasah Ibtidaiyah Negeri setempat. Hal tersebut bertujuan agar transformasi digital dapat dilaksanakan secara meluas sehingga madrasah di lingkup Kementerian Agama Republik Indonesia semakin maju dan dapat menebarkan manfaat bagi masyarakat luas. (red/nzl)

 

Editor:
HANIK MASROKHANAH
Kontributor:
MARDIANAH

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Upacara Bendera dalam rangka HUT RI 79, ASN Kankemenag dan KUA se Kab. Tulungagung. 05/05/24
  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -