Berita

Kankemenag Tulungagung studi tiru pembangunan ZI ke Kankemenag Bantul, DIY

Jumat, 1 Maret 2024 10:33 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Humas)--Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung melakukan studi tiru terkait pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan berkunjung ke Kantor Kemenag Kabupaten Bantul DIY. Studi tiru ini dilaksanakan di Aula PLHUT dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kankemenag Bantul, Selasa (27/2) yang dihadiri Kepala Kankemenag Tulungagung, Kepala Kankemenag Bantul, Kasubag TU Kankemenag Tulungagung, Kasubag TU Kankemenag Bantul, jajaran pimpinan, ketua pokja dan anggota pokja pembangunan ZI.

Tujuan Kankemenag Kabupaten Tulungagung melakukan studi tiru yaitu ingin menindaklanjuti pengumuman hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI. Oleh karena itu Kankemenag Bantul dipilih untuk menjadi tujuan.

Kepala Kankemenag Kabupaten Tulungagung Moh Nasim dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya beserta rombongan ingin ngangsu kawruh dan ingin berguru ke Kankemenag Bantul. “Kami ingin ngangsu kawruh di sini, kami ingin berguru ke Kemenag Bantul. Kami ingin mendapatkan nilai tambah terkait program yang telah digulirkan Menpan RB nomor 10 tahun 2019. Karena alhamdulillahnya tahun 2023 kemarin, kami sudah mendapatkan penilaian pendahuluan dan sudah lolos,” ucapnya.

“Tidak salah kita bersurat untuk berguru ke Kemenag Bantul, sudah WBBM dan menjadi banyak rujukan untuk studi tiru terkait pembangunan zona integritas. Harapannya kami bisa meniru langkah Kemenag Bantul. Jadi mohon bimbingan dan arahan dari Kemenag Bantul,” pungkas Nasim.

Ahmad Shidqi, Kepala Kankemenag Bantul merasa bersyukur karena banyak Satker Kemenag yang semangat membangun ZI. “Kami merasa bersyukur karena banyak rekan kita di daerah lain yang semangatnya luar biasa dalam membangun zona integritas. Karena banyak juga yang datang kesini untuk studi tiru, itu juga yang menjadi salah satu dasar kami dalam mempertahankan WBBM dan terus meningkatkan kualitas serta inovasi,” tutur Ahmad Shidqi dalam sambutannya.  

“Tidak mudah mengubah budaya yang sudah menjadi kebiasaan terutama dalam melayani masyarakat. Seperti penghulu itu rawan menerima gratifikasi, karena mungkin masih banyak di luar sana yang masih menerima amplop setelah menikahkan pengantin. Insya Allah di Bantul ini sudah tidak ada lagi penghulu yang menerima gratifikasi seperti itu, jika pun ada selalu kita laporkan ke KPK melalui Unit Pengendali Gratifikasi di kantor kita, dan selalu kita siarkan langsung sebagai bukti bahwa Kemenag Bantul terus berkomitmen menolak gratifikasi maupun korupsi. Semua itu juga telah mendapat apresiasi dari KPK,” jelasnya.

Lebih lanjut, pemaparan tentang Pembangunan ZI hingga meraih predikat WBBM disampaikan oleh Tim ZI Kankemenag Bantul, Agus Yunianto dan Isman. (nug/han)

Editor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Kontributor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Penulis:
HumasKankemenagTulungagung
Fotografer:
HumasKankemenagTulungagung

Gallery

  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24
  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24