Berita

Irjen Kemenag RI berikan pembinaan pada madrasah di lingkungan Kemenag Tulungagung

Kamis, 18 April 2024 18:45 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Humas) --- Irjen Kementerian Agama RI mengadakan pembinaan kepada madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung mengenai Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 16 tahun 2020 tentang komite madrasah pada hari Kamis (18/4) di Aula MAN 2 Tulungagung.

Hadir dalam kegiatan pembinaan ini Irjen Kemenag RI H. Safaat Setiawan, Kepala Kantor Kemenag Tulungagung Moh. Nasim, para pengawas madrasah se-Kabupaten Tulungagung, Kepala Madrasah se-Kabupaten Tulungagung, ketua dan pengurus komite MIN, MTsN dan MAN se-Kabupaten Tulungagung dan bendahara MIN, MTsN dan MAN se-Kabupaten Tulungagung.

Kepala Kantor Kemenag Tulungagung Moh. Nasim membuka kegiatan ini dengan memberikan sambutan dan menjelaskan bahwa komite madrasah dapat diambil dari perwakilan orangtua wali murid, orangtua wali santri, pakar pendidikan dan tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan yang memiliki tugas mendukung peningkatan mutu pelayanan pendidikan madrasah.

Komite madrasah menyelenggarakan lima fungsi yaitu memberikan pertimbangan dalam menyusun program dan kebijakan madrasah, menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah, menetapkan kriteria kinerja madrasah, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan madrasah. Kedua memberikan dukungan finansial, pemikiran, dan tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Ketiga mengembangkan kerjasama madrasah, keempat memberikan pengawasan terhadap penyelenggaraan pengelolaan pendidikan dan menerima tindaklanjut keluhan, saran, kritik dan aspirasi dari peserta didik orangtua/wali murid dan masyarakat.

“Bila semua tugas dan fungsi  sudah dilakukan semuanya, maka persoalan-persoalan yang ada di madrasah akan bisa diatasi.” Kata Nasim

“Kepala madrasah harus melibatkan komite dalam menyusun program dan rencana kegiatan madrasah.” Tambahnya      

Sementara itu Kasi Pendma Zainal Fanani menyampaikan setiap kegiatan Pendma selalu didokumentasikan dan diarsipkan. Madrasah di Tulungagung juga memiliki prestasi baik nasional dan internasional yang setiap bulan ada sekitar duapuluh sampai limapuluh prestasi yang dicapai. (nug/han)      

Editor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Kontributor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Penulis:
HumasKankemenagTulungagung
Fotografer:
HumasKankemenagTulungagung

Gallery

  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24
  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24