Berita

160 Penyuluh Agama Islam Ikuti Pemetaan Wawasan kebangsaan

Rabu, 2 November 2022 12:44 WIB
  • Share this on:

Tulungagung – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan bagi Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS di Aula PLHUT Kantor Kemenag Kab. Tulungagung pada Selasa (1/11/2022).

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung Muhajir didampingi Kasi Bimas Islam Ahmad Balya. Muhajir menyampaikan bahwa kegiatan yang bersifat nasional tersebut harus diikuti oleh semua penyuluh, bagi yang tidak mengikuti tanpa alasan yang sah dianggap tidak memiliki komitmen. Pemetaan ini  diperlukan untuk mengetahui wawasan kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan para penyuluh untuk mengetahui dedikasi penyuluh terhadap bangsa dan Negara.

Pemetaan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mensukseskan salah satu dari 7 program prioritas Menteri Agama yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University, serta  Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme pada tahun 2020 – 2024.

Melalui pemetaan ini diharapkan akan dihasilkan peta wawasan kebangsaan penyuluh Agama Islam dan dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan peningkatan kompetensi PAI sehingga mampu meningkatkan kinerja PAI dalam menjalankan tugas bimbingan dan penyuluhan agama kepada masyarakat untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Peserta sebanyak 160 orang, terdiri dari penyuluh fungsional berjumlah 8 orang dan non PNS berjumlah 152. "Tujuan pemetaan adalah untuk memetakan sejauh mana moderasi beragama tercapai bagi para penyuluh Agama Islam di Kabupaten Tulungagung,” terang Muhajir.

Mujahir menekankan bahwa ASN Kemenag Tulungagung dan penyuluh PAI  harus bebas dari paham radikalisme dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap Negara Kesatuan RI. Dia juga menambahkan Penyuluh yang berada di KUA harus ikut menyukseskan revitalisasi KUA terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat. (humas).

Editor:
HANIK MASROKHANAH

Gallery

  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24
  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24