Berita

Pembinaan dan Pemantapan Kafilah MTQ –LPTQ Kab.Tulungagung

Selasa, 19 September 2023 16:04 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Kemenag) Humas --- Dalam rangka Pembinaan dan pemantapan Kafilah MTQ - LPTQ Kabupaten Tulungagung dan dalam persiapan Event Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur ke XXX tahun 2023 di kota Pasuruan. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) mengadakan kegiatan pembinaan dan Pemantapan Calon Kafilah sesuai dengan cabang  dan golongan yang dilombakan,  bertempat di Aula Kantor PCLP Ma’arif NU Tulungagung pada Selasa 19/09/2023 hadir dalam kegiatan tersebut  Pengurus,Pembina,Official dan driver.

Acara pembinaan dan pemantapan tersebut di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung Moh Nasim dalam sambutannya menyampaikan "Bahwa event MTQ tak sebatas “perjuangan” menjadi juara pada cabang musabaqah tertentu, tapi MTQ adalah kekuatan untuk mewujudkan masyarakat Qur’ani, membangun masyarakat yang menjadikan Al-Quran sebagai pandangan hidup, masyarakat yang mengamalkan syariat dengan baik dan benar, dan MTQ Bukan hanya sebagai simbol untuk sebuah golongan tertentu, namun MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Qur'an supaya dijadikan sebagai pedoman hidup. Hal ini bisa kita lihat dari cabang-cabang perlombaan dari MTQ ke MTQ semakin dikembangkan mulai dari membaca dengan tajwid dan lagu, membaca dengan qiraat sab’ah, menghafal, memahami, menulis khat dan lain –lain.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Tulungagung  M.Makrus Manan "Melalui MTQ diharapkan akan lahir kecintaan generasi muda terhadap Al-Qur’an, termotivasi untuk mempelajari, membaca indah, mengahafal, menafsirkan, menggali isi kandungannya untuk diamalkan dalam kehidupan, lalu kemudian disosialisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”.Tugas Lembaga Pengembangan Tilawil Qur’an (LPTQ) mulia dan tidak ringan

Seperti Kabupaten dan Kota lain di Jawa Timur yang sudah melakukan pembinaan sejak awal, persaingan untuk menjadi juara sangat ketat, kompetisinya sangat tinggi, kafilah Tulungagung diharapkan sudah siap tempur di MTQ Pasuruan Jawa Timur.

LPTQ harus bekerjasama, bermitra dengan Pemkab, Kemenag dan lembaga – lembaga Al-Quran. Para pembina dan LPTQ harus terus melakukan pembinaan dan pendampingan secara terus menerus dengan memperhatikan jadwal MTQ Jawa Timur.

kepada peserta kafilah  tanamkan rasa percaya diri untuk bisa meraih juara,ucap Makrus ( Han/Ngr)

Editor:
HANIK MASROKHANAH

Kalender

Juni 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24