Berita

Neliti Hijab dan Tuntutan Modeling, Siswa MTsN 1 Tulungagung Raih Medali Perunggu MYRES

Senin, 11 September 2023 20:39 WIB
  • Share this on:

Kab. Tulungagung (MTsN 1) - Siswa MTsN 1 Tulungagung  berhasil meraih medali perunggu dalam kompetisi MYRES (Madrasah Young Researchers Supercamp) tahun 2023. Penghargaan bergengsi tingkat nasional itu diumumkan saat penutupan KSM (Kompetisi Sains Madrasah ) di Asrama Haji, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu  (07/09/2023) .

Medali perunggu itu diraih tim riset MTsN 1 Tulungagung yang beranggotakan, Aula Faakihah dan Caliesta Augustania Kamila. Kedua siswi itu meraih medali perunggu MYRES bidang IKI (Ilmu Keagamaan Islam). Penelitian yang mengantarkannya menjadi juara berjudul: : Hijab dan Tuntutan Dunia Modeling : Perspektif Profesional, Religiusitas, dan Fiqih Wanita Model Perempuan di Tulungagung.

Alhamdulillah, karya penelitian kami bisa meriah penghargaan medali perunggu di kompetisi MYRES 2023,” ungkap Aula Faakihah dan Caliesta Augustania Kamila didampingi guru pembimbingnya, Undirotul Wanita, seusai menerima penghargaan medali perunggu di Kendari.

Untuk meraih juara nasional, prosesnya sangat panjang. Kompetisi MYRES diawali dari seleksi proposal penelitian  untuk menentukan 120 besar.  Setelah lolos proposal, dilanjutkan seleksi presentasi proposal untuk menentukan 30 besar nasional. Yang lolos 30 besar nasional kemudian berlanjut pembimbingan dan penelitian lapangan  hingga penulisan laporan penelitian.

Tahap berikutnya, hasil penelitian itu diseleksi  melalui presentasi di hadapan juri untuk menentukan enam besar nasional yang menjadi grandfinalis MYRES.  Untuk meraih juara, peserta MYRES yang masuk enam besar, diundang untuk presentasi  dan  expo poster di babak grandfinal.

"Sekitar lima bulan anak-anak kami melakukan rangkaian kegiatan MYRES. Mulai bikin proposal, penelitian lapangan, penulisan laporan, hingga presentasi dan pameran poster di grandfinal," terang Undirotul Wanita, guru pembina KIR MTsN 1 Tulungagung.

Tahun ini, grandfinal MYRES 2023 disentralkan di Kendari. Selain mempresentasikan hasil penelitian dihadapan dewan juri, tim riset MTsN 1 Tulungagung juga menggelar Expo MYRES di GOR Apriyani, Kendari. Expo MYRES dibuka Ny. Eny Retno Yaqut yang juga istri Gusmen, Yaqut Cholil Qoumas.

Usai membuka Expo MYRES,  Ketua Penasihat DWP (Dharma Wanita Persatuan ) Kemenag RI itu sempat mengunjungi stand Expo MYRES MTsN 1 Tulungagung. Bahkan, di stand ini, Ny. Eny Retno Yaqut  juga mengajak dialog kedua siswi yang meneliti tentang hijab dan tuntutan dunia modeling ini. “Keren sekali penelitiannya,” kata Ny. Eny Retno Yaqut.

Selama berlangsung Expo MYRES, stand MTsN 1 Tulungagung juga dikunjungi sejumlah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag dari berbagai provinsi di tanah air, Termasuk, Kakanwil Kemenag Jatim, H. Husnul Maram dan istri juga berkunjung ke stand expo di GOR Apriyani, Kendari.

“Prestasi dalam kompetisi MYRES ini sangat luar biasa. Semoga prestasi nasional ini menginspirasi siswa yang lain di madrasah,” ungkap Kepala MTsN 1 Tulungagung, Muhibuddin (hms).

Editor:
HANIK MASROKHANAH

Kalender

Juni 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kunjungan Menteri Agama beserta Kakanwil Provinsi Jawatimur ke kabupaten Tulungagung. 05/05/24
  • -
  • Pembinaan Ketua Regu dan Ketua Rombongan, Jamaah Haji Kab Tulungagung tahun 1445H/2024M . 06/05/24
  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24