Berita

Kepala Kemenag Tulungagung membuka seleksi dan rekruitmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi

Senin, 25 Desember 2023 12:03 WIB
  • Share this on:

Bertempat di Aula PLHUT Kantor Kementerian Agama Tulungagung, kepala Kantor Kemenag Tulungagung Moh. Nasim membuka seleksi dan rekruitmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1445 H/2023 M tahap pertama tingkat Kabupaten, Sabtu pagi (23/12)

Rekruitmen dan seleksi PPIH tingkat kabupaten ini diikuti oleh 35 peserta yang telah lolos tahap seleksi awal atau seleksi administrasi. Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag menyampaikan sambutan dari Direktur Jenderal PHU Kemenag RI.

Bapak/Ibu serta peserta yang berbahagia dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat serta menjaring petugas haji yang memiliki kompetensi, integritas dan dedikasi yang baik, Kementerian Agama melaksanakan seleksi calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter secara terbuka dan kompetitif.Untuk mengikuti seleksi PPIH, pertama, para peserta harus melengkapi seluruh persyaratan teknis serta administrasi yang ditetapkan dan ketika dinyatakan lolos dalam tahapan tersebut peserta dapat mengikuti tes seperti hari ini,Tahapan berikutnya adalah penilaian dan tes seleksi : Tahap pertama dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota baik penilaian administrasi maupun tes kompetensi (CAT). Tahap kedua dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi baik tes kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) maupun  wawancara.

Adapun materi tes yang akan dujikan kepada para peserta adalah wawasan kebangsaan, regulasi, moderasi beragama, manasik haji serta tugas dan fungsi petugas haji.

Bapak/Ibu serta peserta yang berbahagia proses seleksi ini dilakukan dalam rangka memotret kompetensi, pengetahuan dan pemahaman, motivasi serta dedikasi para calon petugas haji. Diharapkan nantinya petugas-petugas haji yang terpilih adalah mereka yang benar-benar memiliki kompetensi yang memadai, pengetahuan yang mumpuni serta motivasi dan semangat melayani kepada para tamu-tamu Allah.

Kementerian Agama menaruh perhatian besar terhadap proses rekrutmen petugas haji. Karena tersedianya petugas haji yang memiliki kompetensi, pengetahuan dan motivasi yang memadai merupakan salah satu faktor penting untuk tercapainya keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji.

Bapak/Ibu serta peserta yang berbahagia di akhir sambutan, kami ingin mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang lolos dan dapat ikut serta dalam pelaksanaan tes CAT pada hari ini. Mudah - mudahan Bapak/Ibu sekalian diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti  proses seleksi CAT tahap pertama.(nug)

 

Editor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Kontributor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Penulis:
HumasKankemenagTulungagung
Fotografer:
HumasKankemenagTulungagung

Gallery

  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24
  • Ujian CAT Seleksi tingkat Kabupaten, Petugas Haji tahun 1445 H di aula PLHUT kantor Kemenag Kab. Tulungagung, Sabtu 23/12/23
  • Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kab. Tulungagung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur , Jumat 22/12/23