Berita

Kantor Kemenag Tulungagung gandeng Baznas sukseskan festival Ramadhan 1445 H

Sabtu, 23 Maret 2024 10:35 WIB
  • Share this on:

Tulungagung (Humas) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung menggandeng Baznas Tulungagung turut mensukseskan festival Ramadhan dengan tema “Ramadhan asyik bersama Gus Men, kolaborasi sejuta cinta” dengan menyalurkan 500 paket festival ramadhan di halaman gedung PLHUT  dan aula bawah kantor Kementerian Agama Tulungagung pada hari Jum’at sore (22/3).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama KH. Saiful Rahmat Dasuki dan dihadiri oleh jajaran Kementerian Agama RI, Dirjen Bimas Islam Prof. Dr. Kamaruddin Amin, Direktur Pemberdayaan Zakat Wakaf Prof. Waryono, dan Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad. Tausiyah Ramadhan pada acara festival Ramadhan diisi oleh Habib Nabiel Al Musawa.

Wamenag menyampaikan Kementerian Agama telah menggagas berbagai strategi, salah satunya merancang tata kelola zakat yang lebih terorganisir dan terstruktur guna mendistribusikan serta memeratakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Tata kelola zakat tidak boleh lagi berjalan sendiri-sendiri. Ini bukan hanya tanggung jawab satu entitas, melainkan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa zakat benar-benar memberikan dampak yang signifikan," katanya.

Di waktu yang sama Kepala Kantor Kemenag Tulungagung Drs. Moh. Nasim, M.Pd menyampaikan program kampung zakat yang merupakan rintisan kementerian Agama dan Baznas dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat yang utamanya sebagai penggerak ekonomi mulai dari pelaku usaha sampai kepada home industri.

“Kemenag Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan sebanyak 108.409 paket sembako yang terdiri dari Kemenag Jatim dan Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Timur sebanyak 24.490 paket sembako, dari BAZNAS ada 39.564 dan dari LAZ ada 44.355 paket,” Kata Nasim.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hibrid dengan penyerahan bantuan secara langsung oleh Wamenag RI bersama dengan BAZNAS RI di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama RI, bersamaan dengan penyerahan bantuan di berbagai lokasi oleh Kanwil Kemenag provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/kota, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, LAZ nasional, LAZ provinsi, dan LAZ kabupaten/kota se-Indonesia.

Penyaluran bantuan dilakukan secara serentak, ditampilkan secara daring melalui Zoom. Kegiatan ini didaftarkan pada Rekor MURI Indonesia dengan satu juta paket bantuan Ramadhan. (nug/han)

Editor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Kontributor:
NUGROHO DWI LAKSONO
Penulis:
HumasKankemenagTulungagung
Fotografer:
HumasKankemenagTulungagung

Gallery

  • -
  • Study tiru Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. 27/02/24
  • Jumat Bersih, Kerja bakti membersihkan lingkungan Kantor. 16/02/24
  • Exit Meeting dan Pengumuman Hasil Penilaian Pendahuluan Calon Pilot Project PMPZI Tahun 2024, Selasa 13/02/24 Alhamdulillah Lnjut tahap berikutnya
  • Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kantor Kemenag Kab. Tulungagung, di Kusuma Agrowisata Kota Batu Sabtu-Minggu 9-10/02/24